Can You Keep a Secret?

Kalau ditanya kaya gitu semua orang pasti bakal jawab, “bisa.” Kenyataannya menyimpan sesuatu itu bukan hal yang mudah, gua rasa butuh pengendalian diri yang cukup tinggi dan kedewasaan menanggapi sesuatu. Beberapa hari lalu ada temen gua seorang psikolog menguji seorang temen wanita, si psikolog ngasih tau 1 rahasia dan minta si temen cewe ini jangan bilang siapa2. Rahasia yang dikasih tau sesuatu yang hot dan memang bakal jadi bahan gosip yang seru, pastinya rahasia itu bukan fakta. Dan alhasil nggak ada hitungan hari berita itu uda nyebar dan si psikolog cuma senyum simpul ngeliat kelucuan ini.

Dan gua merasa juga banyak mengalami hal serupa, dimana ada hal2 yang nggak seharusnya jadi bahan pembicaraan umum menyebar gitu aja dengan cara yang nggak bertanggung jawab. Bahkan mungkin gua melakukan hal yang sama, nggak bisa menyimpan kepercayaan yang diberikan seseorang. Karena gua melihat banyak orang melakukan itu juga, nyebarin rahasia, jadi gua ngerasa bukan hal yang besar kalau gua cerita2 juga soal hal2 itu sama orang2 lain.

Ngomong sesuatu ke si A, itu berarti B, C, D bakal tau, karena ABCD berteman akrab. Cerita ke E bisa jadi dan kemungkinan besar F akan tau, karena mereka sering copas. Ngomong ke G berarti si H, I, J, K bakal tau. Dan ini menjadi rantai yang nggak putus2nya hahaha, dan rahasia itu menjadi rahasia umum. Sudah menjadi anehkah dunia ini? hahaha I think it yes.

Hanya sekarang gua melihat betapa nggak bermoralnya sikap kaya gitu, karena gua merasa sulit menemukan orang yang bisa dipercaya dimana elu bisa fullfill semua isi hati tanpa takut tersebar, atau kalaupun tersebar gua tau itu dapat dipertanggung-jawabkan karena mungkin topicnya bukan suatu yang crusial. Akhir2 ini banyak orang bilang sekarang gua somse, nggak suka cerita2, dll, yah itu gua akui, karena inilah yang gua rasakan, kalau tidak mudah menaruh kepercayaan sama seseorang yang nggak gue kenal betul. Sepertinya mulut yang gatel pengen ngomongin kehidupan orang itu nggak abis2nya, wajar aja tayangan infotaiment bisa berderet judulnya dan seharian full gossip-show in television. How pathetic.

Apalagi didukung dengan media pertemanan online, seperti Friendster, Facebook, Twitter. Mencari berita buat digosipin jadi hal yang gampang banget hahaha. Tinggal taruh status atau apapun sesuatu yang ekstrim, kontroversial, menarik, langsung deh banyak orang berkepo ria LoL. Ajang aktualisasi diri, memang ada juga orang2 yang senang jadi pusat perhatian dan bahan pembicaraan. Kadang gua pengen jadi orang seperti itu, dimana gua bisa play like a little god, mengontrol atau memberi pancingan orang agar meng-gossipkan sesuatu, dan gua bersenang2 dengan kelucuan mereka itu karena membicarakannya. But, I think more sick of it than feel fun with those things.

Can I keep a secret?

Leave a Reply

