Kombinasi yang Istimewa

“There are tons of amazing people out there, so why waste your time being silly?”

Membaca kalimat tersebut pada sebuah buku membuat saya terdiam sejenak. Dulu saya termasuk orang yang punya standard tinggi, saya kerap menjadikan diri saja sebagai standard menilai orang lain. Antara sombong dan mengenal value diri sendiri memang beda tipis haha. Karena memberatkan pada titik yg salah, saya sulit melihat sesuatu yang menarik pada diri orang lain.

Belakangan saya sedang senang-senangnya membaca bagaimana biologis manusia dan pengaruh terhadap prilakunya. Selain itu saya juga suka bertemu orang-orang baru dan saling bertukar cerita, cerita apapun. Setiap cerita bernilai tertentu bagi saya sendiri, saya suka mengambil pelajaran dari cerita-cerita tersebut. Terutama orang-orang cerdas, hey! Saya pastikan saya akan menyerap apa yang ada di otak Anda sampai habis terkuras! hahaha.

Manusia tidak begitu istimewa dan berharga seperti nampaknya, kita berfikir kalau kita spesial dan berharga hanya untuk eksistensi diri, untuk survival dalam hidup ini. Setiap kepribadian sudah dapat dipetakan, setiap tindakan bahkan dapat diketahui terlebih dahulu, ada pola dalam setiap manusia. Manusia mudah ditebak! Sangat mudah. Bahkan interaksi sesama manusia terdapat pola didalamnya, tentunya untuk mengetahui hal ini hanya orang-orang yang telah mempelajari dan mengerti.

Dalam setiap DNA manusia sudah ada kode biologis yang akan menentukan bagaimana bentuk Anda, bagaimana kepribadian Anda, penyimpangan psikologis apa yang ada pada diri Anda, sampai kapan Anda akan mati (di luar faktor eksternal seperti kecelakaan). Dalam otak Anda sudah tersusun mekanisme yang menentukan apa keputusan Anda, apa yang Anda sukai dan tidak sukai, mengontrol seluruh aktivitas Anda dan akitvitas hormonal Anda. Dalam setiap sel dalam tubuh Anda pun menyimpan kode, bayangkan bahkan setiap sel tubuh Anda mengontrol Anda (intelligent cells), menyimpan memori yang mengerakan Anda.

Pola mengenai kepribadian dan prilaku sudah dipetakan sejak lama, peneliti kerap menemukan hal-hal baru yang terus menelanjangi kita sebagai manusia, sampai tidak ada yang istimewa lagi pada manusia. Manusia hanya mesin biologis ini fakta! Ha! Anda tidak spesial! Jika saya teriakkan hal ini, mungkin saya akan babak belur. Percayalah kalau Anda tidak begitu specialnya, silahkan pesimislah seperti saya pernah pesimis dulu.

Sekarang saya akan memberitahukan kenapa Anda boleh (setidaknya) merasa sedikit special. Teringat pembicaraan saya beberapa waktu lalu dengan seorang pakar, dia menyelipkan kata kombinasi ditengah-tengah pembicaraan. Dan sampai sekarang kata kombinasi itu terus melekat dalam pikiran saya, kombinasi manusia.

Kombinasilah yang menjadikan Anda istimewa. Bayangkan manusia seperti frekuensi audio pada mobil Anda, grafiknya frekuensi itulah kombinasi Anda, seberapa tinggi skor kepintaran Anda, penampilan Anda, kesabaran Anda, kemampuan memimpin Anda, dan seterusnya. Untuk mempermudah lagi, bayangkan diri Anda adalah karakter dalam permainan The Sims, ya seperti itulah kombinasi, Anda dapat menaikan nilai pada kemampuan tertentu yang menjadikan diri Anda seorang pribadi. Tapi ingat, audio frekuensi Anda dan skor pada The Sims itu hanya sedikit, sedangkan jika dijabarkan bisa terdapat ribuan prasyarat dari kombinasi tersebut, mulai dari internal pribadi sampai hal-hal eksternal. Frekuensi ini dapat berubah2 tergantung Anda dan lingkungan Anda yang membentuk Anda.

Sekarang biarlah saya memberitahukan Anda sesuatu supaya Anda merasa sedikit lebih istimewa lagi. Kombinasi yang ada pada Anda tidak akan ada pada manusia lain, percayalah! Kombinasi yang serupa atau mendekati memang ada, tetapi yang sama persis? Tidak akan pernah ada. Anda dapat mengelompokan manusia berdasarkan tipe2 secara garis besar, tetapi jika memasuki hal-hal yang spesifik akan mendapatkan pola yang berbeda lagi.

Dari bentuk fisik Anda setidaknya terdapat ratusan lebih kombinasi, mulai dari kepala sampai ujung jari kaki Anda, bagaimana bentuk wajah Anda, mata Anda, hidung, telinga, dst. Bagaimana ukurannya, apakah kaki Anda panjang, tangan Anda kecil, mata Anda besar, dst. Bagaimana tekstur kulit Anda, tekstur rambut Anda, dst. Belum lagi dari kepribadian Anda, apakah Anda sabar, murah hati, boros, egois, dapat memimpin, pemaaf, suka anak-anak, berpikiran terbuka dst bisa terdapat ratusan lebih kombinasi lagi.

Masih kurang? Bagaimana jika ditambahkan dari segi kemampuan khusus Anda, apakah Anda bisa bernyanyi, memimpin, memasak, berbisnis, bermain musik, kemampuan bernegosiasi, dst. Masih kuraaang? Bagaimana jika ditambahkan dari segi gaya hidup, apakah Anda perokok, suka main game, selalu bangun pagi, dan dan dan seterusnya. Bayangkan! Ada berapa ribu kombinasi di sana?!

Anda tidak perlu kecewa akan diri Anda sendiri jika value-value yang Anda miliki kurang, justru disitulah Anda harusnya meng-upgrade diri Anda supaya Anda memiliki kombinasi yang paling istimewa. Lihatlah setiap pribadi dengan kombinasi yang mereka punya, sangat menarik. Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain, ingat kombinasi yang Anda miliki adalah kombinasi yang istimewa, berusahalah agar kombinasi tersebut menjadi lebih istimewa lagi, bahkan menjadi yang paling istimewa.

Dari kombinasi ini jugalah muncul ketertarikan dan interaksi, setiap orang memiliki kriteria kombinasi yang mereka inginkan baik secara sadar maupun pada level sub/unconscious, tapi tenang saja tidak ada orang yang mencari pasangan dengan kombinasi yang sangat detail dan spesifik. Mereka bisa picky terhadap sisi tertentu, tapi toleran di sisi lainnya. Pasti ada kombinasi yang akan cocok dengan kombinasi Anda.

So, upgrade yourself to be the best combination and find your best match combination.

There are tons of amazing people out there, indeed!

Lupakan soal Anda hanya mesin biologis, biarpun saya sedang mengingatkannya kembali kepada Anda sekarang haha (:

Hanya sebuah goresan,

LieL

Special Thanks: Lex DePraxis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: