Melepas Kebahagiaan

Kebahagiaan sejati hanyalah fatamorgana, sesuatu yang tidak pernah nyata, tidak pernah ada, dia selalu menjauh setiap kali engkau sudah begitu dekat menggapainya. Kebahagiaan akan segera pergi dan mengilang ketika engkau sudah tersadar dari kemabukanmu. Hanya orang mabuk yang merasakan kebahagiaan sejati itu nyata, mereka membiarkan dirinya terikat dalam ilusi mimpi yang tidak pernah ada. Ketika ilusi mulai menghilang, kebahagiaan akan pergi dan meninggalkan engkau yang kehilangan.

Mabuk itu  nikmat, dan ketika dia pergi dalam kondisi sadarmu engkau akan bergidik mencarinya kembali, mencari sumber-sumber kebahagiaan itu datang kembali. Menyedihkan? Ya, menyedihkan. Aku sudah tidak mengenal kebahagiaan sejati lagi, dia sudah pergi. Karena pikiran ini selalu menjaga dirinya untuk tetap sadar.

Yang aku tahu sekarang ada rasa bahagia ketika disetiap senyum dan sapaan yang diberikan. Rasa bahagia di setiap tawa-tawa kecil yang terbagi. Rasa bahagia di tengah tawa terbahak sampai membuat air mata ini mengalir.

Yang aku tahu sekarang ada rasa bahagia ketika dalam keheningan. Rasa bahagia di setiap cerita tak bersuara. Rasa bahagia di tengah hembusan nafas kelegaan.

Yang  aku tahu sekarang ada rasa bahagia dalam setiap nyanyian. Rasa bahagia di setiap langkah lari kecil ini. Rasa bahagia di tengah lompatan perjalanan.

Yang aku tahu sekarang ada rasa bahagia dalam setiap ekspresi yang jujur. Rasa bahagia di setiap kebaikan yang disalurkan. Rasa bahagia di tengah pelukan yang tak sempat terbagi.

Mereka berkata akupun mabuk ilusi, tetapi aku berkata ada rasa bahagia dalam kesadaran, dalam realita, dalam setiap kebenaran yang ditemukan. Aku tidak mabuk, karena aku berani beranjak dan melangkah. Aku tidak mabuk, karena aku tidak takut melepaskan sumber-sumber kemabukan itu. Aku tidak mabuk, karena aku menatap setiap kemungkinan dan mendobrak semua batas untuk mencari jalan yang seharusnya. Aku tidak mabuk, karena aku tidak menutup mata hatiku dengan ketakutan akan kenyataan.

Beranikah dirimu?

Leave a Reply

