You Are Already A Good Man

20140215-124023.jpg

Torehan kata untuk apa yang akan kutuliskan adalah untuk dirimu, begitu banyak hal berharga yang tidak sempat terucapkan, begitu sayang jika menjadi beku dalam peti dingin berdebu dan tak tersampaikan. Semoga tulisan ini bisa membentuk simpul dibibirmu.

Untuk kamu dan semua pria di dunia..

Aku belajar bahwa menjadi seorang pria bukan soal menjadi seperti apa yang dunia ingin bentuk, menjadi seorang pria bukan berarti menjadi seseorang yang memenuhi semua syarat yang aku atau sekelilingku mau, menjadi seorang pria tidak sederhana dan dangkal.

Aku belajar bahwa menjadi seorang pria itu berbeda, bukan karena kulit yang lebih kasar, bulu yang lebih banyak, atau mempunyai batang kemaluan yang tidak aku miliki. Aku belajar bahwa menjadi seorang pria itu sulit bagimu, dan aku tidak akan bisa mengerti sepenuhnya.

Aku belajar bahwa dunia akan selalu melihatmu dengan legitimasi hitam dan putih, penjahat dan pahlawan, dan tidak ada toleransi keabu-abuan, walaupun kamu merasa tidak seharusnya demikian.

Aku belajar bahwa menjadi seseorang yang kuat adalah hal yang setiap hari berusaha kamu lakukan, sesuatu yang tidak bisa kamu tinggalkan, walaupun terkadang melukaimu, menyakiti hatimu atau meninggalkan bekas luka perih dan airmata.

Aku belajar bahwa separuh dari dunia ini menganggap kamu adalah penjahat kelamin, seorang yang idiot dan tempramental.

Aku belajar bahwa menjadi pria berarti menjadi seseorang yang berjuang seumur hidup untuk melepaskan diri dari pihak yang akan selalu disalahkan. Berjuang untuk dilihat sebagai pria, sebagai manusia, sebagai pribadi. Menjadi pria berarti berjuang menawan stereotype yang sudah berakar.

Aku belajar bahwa menjadi pria berarti menjadi seseorang yang selalu mempunyai ide, mempunyai jalan, dan mempunyai mimpi.

Aku belajar bahwa ada kekuatan di dalam keheningan. Menapaki keheningan terkadang memberikan jalan yang lebih baik daripada ribuan kata yang aku keluarkan. Aku belajar bahwa kamu belajar begitu lama untuk mendengarkan ribuan kata setiap harinya dan tidak mengeluh. Aku belajar mendengarkan keheninganmu bukanlah hal yang sederhana, dan mengerti arti keheninganmu sesuatu yang mungkin aku nikmati.

Aku belajar bahwa memperbaiki segala sesuatu adalah bakat alami yang kamu miliki, keinginan terpendam yang kamu simpan, untuk segala sesuatunya, untuk hal sederhana, untuk dunia ini. Aku tahu kamu bangga melakukannya. Kebahagiaanmu adalah ketika kamu dapat menolong orang lain. Aku belajar untuk membiarkanmu menolongku.

Aku belajar bahwa kekuatanmu bukan diukur dari seberapa berat sesuatu yang mampu kamu angkat, tetapi pada seberapa banyak kamu mengalah dan seberapa jauh kamu telah mengontrol dirimu. Seberapa besar hatimu untuk menahan diri dan seberapa tegar kamu telah membungkam mulutmu.

Aku belajar bahwa detik-detik pelukan hangat terkadang lebih berarti daripada jam-jam komunikasi kosong. Menit-menit sentuhan kedekatan terkadang lebih terkenang daripada hari-hari kebersamaan.

Aku belajar bahwa seberapa tegar kamu berusaha menjadi seorang pria, kamu akan tetap rindu menjadi seorang anak-anak. Menyimpan tawa-tawa tak berbeban, kekonyolan-kekonyolan tak berlogika, keinginan-keinginan yang sempat tak terbungkus.

Dan aku tetap bahagia didekatmu meskipun ketika di saat kamu menangis untuk hal kecil, ketika kamu tidak merasa kuat, ketika kamu merasa gagal.

Aku telah belajar begitu banyak hal darimu walaupun apa yang kutuliskan mungkin tidak mengambarkan dirimu sepenuhnya. Kamu adalah kamu, setiap kamu tidak terbatas oleh susunan kata.

Terima kasih untuk semuanya yang tidak dapat ditukar dengan apa pun, you are already a good man.

 

Happy Valentine’s Day..

 
 

*) inspired by goodmanproject.com

Leave a Reply

